• Jl. Raya Trirahayu
  • trirahayu.desa@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Desa Trirahayu

Bantu Cegah Penyebaran COVID-19, Inilah yang Perlu Masyarakat Desa Trirahayu Lakukan

01 Mei 2020 Trirahayu Berita Lokal

Di Indonesia, jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 terus bertambah. Namun bukan berarti tidak dapat kita atasi. Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyakarat untuk tetap berada di rumah dan menerapkan protokol isolasi mandiri, begitu pula bagi seluruh masyarakat Desa Trirahayu wajib melakukan protokol ini.

Hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan?

1. Tidak banyak beraktivitas di luar rumah
Bagi seluruh masyarakat Desa Trirahayu diharapkan agar tidak terlalu banyak beraktifitas di luar rumah jika tidak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang penting atau pergi ke tempat-tempat umum. Jika memungkinkan, bekerjalah dari rumah.

2. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Cucilah tangan Anda dengan air dan sabun secara rutin. Masyarakat Desa Trirahayu diwajibkan untuk memasang kembali Ember PHBS yang sudah dibagikan sejak tahun 2018. Apabila ember tersebut sudah rusak atau hilang dipersilakan untuk mengganti dengan sarana penampung air lainnya.

Jangan lupa minum banyak air, setidaknya 8 gelas sehari, serta konsumsi makanan yang bergizi. Anda juga disarankan untuk berjemur dan melakukan olahraga ringan di bawah sinar matahari setiap pagi selama 15–30 menit agar tubuh Anda lebih bugar dan lebih cepat sembuh.

Pantau kesehatan Anda secara mandiri, yaitu dengan mengukur suhu tubuh setiap hari dan mengamati gejala yang muncul. Bila demam, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan obat.

Selain itu, tetaplah menjalin hubungan dengan anggota keluarga dan teman melalui telepon, video call, atau media sosial. Jangan sampai isolasi di rumah membuat Anda merasa tersisih dan kesepian.

3. Pakai masker

Pemerintah Desa Trirahayu telah membagikan masker kepada setiap KK yang ada di Desa Trirahayu. Untuk itu masyarakat wajib mengenakannya saat harus keluar rumah atau saat harus bertemu dengan orang banyak.

4. Lapor ke Posko dan Hubungi rumah sakit

Apabila selama masa pandemi ini muncul gejala atau keluhan yang mengarah kepada COVID-19, misalnya demam tinggi disertai batuk terus-menerus dan sulit bernapas, segera hubungi Posko Gugus Tugas Covid-19 yang ada di Desa Trirahayu agar dapat dikoordinasikan dengan tenada kesehatan untuk mendapatkan perawatan.

Agar orang lain tidak tertular, Anda disarankan untuk tetap berada di rumah. Bila memang diperlukan, rumah sakit akan mengirim ambulans khusus untuk menjemput Anda.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar